Saturday, March 04, 2006

statistik inferensial tercinta....

kemaren pagi, seperti biasa nyampe kantor sebelum setengah delapan, trus cepet2 buka e mail. sehari sebelumnya adit janji mau kirim data skripsi nya ke ulin untuk dibantuin analisis dan bikin bab 4-5 nya. Haha... ternyata beliau lumayan stress juga setelah semua temannya berguguran satu satu dan beliau tetep belum lulus lulus juga. ;) gak papa lagi dit, kan status mahasiswa juga menyenangkan..

akhirnya data berhasil ulin copy, dan ulin sendiri yang bingung mesti diapain itu data. tau sendiri lah, ulin nggak bawa software SPSS ku tercinta itu. lha ngapain juga bawa bawa kesini toh nggak akan dipake, kan mending ditinggalin di jogja ajah.;p yah.. akhirpun ulin cuman bisa mandangin tu file excel berisi angka angka nggak jelas yang bahkan variabelnya nampak aneh. saking putus asanya, akhirnya ulin print ajah data dan ulin itung maual. ajaibnya masih inget juga cara ngitung manual gitu, dan akhirnya ulin nggak yakin sendiri sama itungan ulin . Jadi inget jaman berjuang nyelesain tugas statistik inferensial, gimana riangnya dosen tercinta ulin kalau semua mahasiswanya punya jawaban yang berbeda beda dan setiap kali kelas terdiam dan memandang dengan sinar mata bingung kalau beliau lagi nerangin. ( Hidup prof Sutrisno Hadi!!)

akhirpun berhasil juga ulin nyelesain tumpukan data itu dan dapet angka normalitas yang sesuai. masalahnya gini, kan adit bilang datanya nggak normal, tapi menurut itungan ulin, itu data layak untuk dipake. Nah, setiap kali itungan beda gitu kan wajar kalau jadi nggak yakin, apa ulin salah itung ya? tapi kan males banget kalau mesti itung ulang. Oke lah ulin masih bisa analisis normalitas cara manual, tapi kalau mesti itung ulang sementara itu bukan data ulin, Huaaa... nggak mau dah ;p

malem, akhirnya adit sms, kalau ternyata beliau yang salah baca, jadi sebenernya data itu dah bener, hehe.. dan sesuai dengan itungan ulin. senengnya... ternyata meskipun kemaren ulin sempat bilang kalau otak ulin libur selama kerja beberapa bulan terakhir ( hehe... habis kerjaan ulin template banget, jadi berasa kayak robot, kan berarti otaknya bisa libur) masih bisa juga diandalkan untuk ngitung sebegitu banya, dan herannya kok mau maunya ya, ulin ngitung manual, padahal jaman skripsi dulu ajah lebih milih pake software dari pada otak sendiri.