Saturday, July 22, 2006

do you believe in soul mate?

ulin dapet pertanyaan ini dari seorang teman beberapa hari yang lalu. Mmm, sebenernya ulin nggak yakin waktu itu bentuk kalimatnya pertanyaan atau pernyataan. Hehe..;p jadi inget, dulu... dulu banget, ulin pernah percaya kalau soul mate itu ada. Iya, tapi dalam pemahaman ulin, soul mate seseorang itu adalah orang lain yang bener bener bisa berkomunikasi dalam bentuk apapun dan tidak selalu secara verbal. Nah, dua orang yang soul-nya berpasangan itu, bagi yang percaya adanya kehidupan sebelum kehidupan ini (baca: reinkarnasi) bisa jadi juga pernah sering ketemu di 'masa lalu'.

Jadi inget, ada satu temen ulin yang percaya kalau reinkarnasi itu ada. Dan, karena yang mengalami perputaran kehidupan itu cuma jiwanya, jadi jiwa itu bisa masuk dalam bentuk apa saja, tidak selalu manusia. Nah,menurut dia, jiwa bisa lahir beberapa kali karena masih berhutang 'sesuatu' pada jiwa yang lain. Terutama pada soulmate nya. Nah, ulin sempat terpikir, kalau di satu masa jiwa terlahir jadi kucing, sementara pas masa yang sama, soulmate nya jadi tikus, jadi dia kan berhutang karena ngejar2 soul mate-nya untuk dimakan. terus di kehidupan berikutnya jiwa 1 mau bayar hutang, tapi ternyata dia justru lahir jadi tikus, sementara soul mate nya gantian jadi kucing. Itu berarti hutangnya jadi terbayar atau malah impas yah? ...

balik ke apakah ulin percaya sama adanya 'soul mate ' atau nggak? nah, setelah diinget2 ada juga sih beberapa 'tersangka' yang bisa dicurigai. Oia, menegaskan dulu, pemahaman ulin, soul mate itu kan tidak selalu pasangan hidup kita yang bisa live happily ever after bersama kita. Tapi tidak menutup kemungkinan kalo kebetulan soul mate = pasangan hidup. Iya, emang ada beberapa temen yang tanpa berkomunikasi secara verbal pun sudah saling memahami. tanpa harus ketemu juga bisa baca pikiran, atau 'ngerasa' kalau terjadi sesuatu. Tapi kalau yang paling sering bisa terbaca pikirannya tanpa ulin harus ngomong, ya kucing peliharaan ulin. Jadi sedikit khawatir, kalau emang gitu, jangan jangan di kehidupan sekarang, soulmate ulin baru terlahir jadi kucing ya?